ICE Logo
Perbedaan TikTok dan TikTok Lite: Fitur hingga Cara Mendapatkan Uang

Perbedaan TikTok dan TikTok Lite: Fitur hingga Cara Mendapatkan Uang


Social Media

01 Nov 2023

Bagikan ke:

icon-copylink.png

perbedaan-tiktok-dan-tiktok-lite.jpg

Sudah tahukah kamu apa perbedaan TikTok dan TikTok Lite? Saat ini, TikTok telah menjadi salah satu platform media sosial paling populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat dan menonton video pendek dengan beragam konten kreatif. Namun, ada juga versi yang lebih ringan dan hemat data yang dikenal sebagai TikTok Lite.

Dalam artikel ini, kita akan membandingkan perbedaan antara TikTok dan TikTok Lite agar kamu dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensimu. Mari kita mulai!

kode-promo-endorse-influencer-murah-di-ice

Perbedaan TikTok dan TikTok Lite

Berikut beberapa perbedaan TikTok dan TikTok Lite yang mungkin belum kamu tahu:

1. Perbedaan dari segi tampilan dan user experience

Perbedaan pertama yang akan kita bahas adalah tampilan dan pengalaman pengguna antara TikTok dan TikTok Lite. TikTok hadir dengan beragam fitur, efek khusus, pilihan audio, dan tampilan yang lebih canggih.

Aplikasi ini cocok bagi mereka yang memiliki perangkat canggih dan koneksi internet yang stabil. TikTok Lite, di sisi lain, dirancang untuk perangkat dengan spesifikasi yang lebih rendah dan koneksi internet yang lebih lambat.

Ini memberikan pengalaman pengguna yang lebih sederhana dan ringan, dengan lebih sedikit efek dan fitur. Jika kamu mencari pengalaman yang lebih efisien dan hemat data, TikTok Lite mungkin menjadi pilihan yang lebih baik.

2. TikTok Lite lebih hemat kuota

Salah satu perbedaan paling signifikan antara TikTok dan TikTok Lite adalah penggunaan kuota. TikTok biasa cenderung mengkonsumsi lebih banyak kuota daripada versi Lite-nya.

Ini karena TikTok Lite dirancang untuk mengurangi penggunaan kuota, sehingga lebih cocok untuk mereka yang memiliki kuota data terbatas. Jika kuota datamu terbatas, TikTok Lite dapat membantu kamu tetap terhubung tanpa mengorbankan banyak data.

3. Ukuran aplikasi

Perbedaan lain yang patut diperhatikan adalah ukuran aplikasi. TikTok Lite memiliki ukuran yang lebih kecil daripada TikTok biasa.

Ini membuatnya lebih mudah diunduh dan diinstal, terutama pada perangkat dengan penyimpanan yang terbatas. Jadi, jika kamu memiliki perangkat dengan ruang penyimpanan yang terbatas, TikTok Lite dapat menjadi pilihan yang lebih bijak.

4. TikTok Lite tidak bisa melihat live

Perbedaan TikTok dan TikTok Lite tidak hanya terbatas pada tampilan dan penggunaan data, tetapi juga pada kemampuan untuk melihat siaran langsung atau live streaming.

TikTok memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk menonton siaran langsung yang dilakukan oleh pengguna lain.

Namun, TikTok Lite memiliki keterbatasan dalam hal ini. TikTok Lite tidak mendukung fitur live streaming, sehingga jika kamu sering menonton live streaming, TikTok mungkin menjadi pilihan yang lebih sesuai.

5. TikTok Lite bisa memposting video, tapi...

Pertanyaan lain yang sering muncul ketika membandingkan TikTok dan TikTok Lite adalah apakah TikTok Lite memungkinkan pengguna untuk memposting video mereka sendiri.

TikTok adalah platform yang terkenal karena memungkinkan pengguna untuk membuat dan membagikan video pendek dengan mudah.

Namun, TikTok Lite hadir dengan beberapa keterbatasan dalam hal ini. Ini termasuk jumlah efek khusus yang dapat digunakan, kemampuan untuk mengedit video, dan sebagainya. Jadi, jika kamu memiliki keinginan untuk membuat dan membagikan video pendek, baik TikTok maupun TikTok Lite memungkinkan hal tersebut.

Namun, jika kamu adalah seorang kreator konten yang serius dengan keinginan untuk mengakses semua fitur canggih TikTok, mungkin lebih baik menggunakan versi reguler.

TikTok Lite adalah pilihan yang lebih baik untuk mereka yang ingin menghemat ruang penyimpanan, data, atau memiliki perangkat dengan spesifikasi rendah, tetapi kamu masih dapat memposting video dengan kreativitasmu, baik itu TikTok atau TikTok Lite.

Baca Juga: Cara Berjualan di TikTok: Penuh Kreasi dan Keuntungan yang Menjanjikan

Perbedaan TikTok dan TikTok Lite dalam menghasilkan uang

berapa-gaji-influencer-indonesia

Selain perbedaan dalam pengalaman pengguna, penggunaan data, dan kemampuan untuk memposting video, salah satu aspek penting dalam memilih antara TikTok dan TikTok Lite adalah kemampuan untuk menghasilkan uang.

Kedua platform ini menawarkan beragam cara untuk menghasilkan pendapatan, namun, perbedaannya dapat memengaruhi pilihanmu dalam memilih aplikasi yang lebih cocok. Mari kita bahas perbedaan dalam hal ini.

TikTok:

TikTok biasa memiliki beragam fitur dan alat yang mendukung para kreator konten dalam menghasilkan uang. Salah satu cara paling umum adalah melalui kerjasama dengan merek dan sponsor.

Para pengguna berpengaruh (influencers) dapat menjalin kemitraan dengan merek untuk mempromosikan produk atau layanan mereka melalui video.

Selain itu, TikTok juga memiliki program monetisasi, yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan penghasilan dari iklan yang ditampilkan di video mereka. Ini biasanya tersedia untuk pengguna yang memiliki ribuan atau jutaan pengikut.

Baca Juga: Apa itu MCN Tiktok? Ini Penjelasan dan Manfaatnya

TikTok Lite:

Sementara TikTok Lite memungkinkan pengguna untuk memposting video dan membangun pengikut, ada perbedaan dalam hal kemampuan untuk menghasilkan uang. TikTok Lite cenderung memiliki lebih sedikit fitur dan alat untuk monetisasi.

Ini berarti bahwa kesempatan untuk menjalin kemitraan dengan merek dan sponsor mungkin lebih terbatas. Program monetisasi yang ditawarkan di TikTok biasa juga mungkin tidak sekomprehensif atau tersedia di TikTok Lite.

Dengan demikian, jika tujuan utamamu adalah untuk menghasilkan uang melalui konten yang kamu buat di TikTok, TikTok reguler mungkin menjadi pilihan yang lebih unggul.

Namun, jika kamu hanya ingin berbagi video dengan teman-teman dan tidak terlalu fokus pada penghasilan, TikTok Lite masih bisa menjadi pilihan yang baik, terutama jika kamu memiliki keterbatasan dalam penggunaan data atau ruang penyimpanan.

Baca Juga: 5 Trik Menjadi TikTok Influencer yang Sukses dan Hasilkan Cuan!

Cara lain menghasilkan uang dari konten TikTok

Selain melalui fitur TikTok, kamu juga bisa menghasilkan uang dari konten melalui endorsement. Caranya adalah dengan menjual jasa endorse ke para klien atau pemilik brand.

Bagaimana caranya agar bisa di-endorse oleh brand? Salah satu cara mudah yang kamu bisa lakukan adalah mendaftar menjadi creator dan mulai menjual jasa kamu di Aplikasi ICE (Indonesia Creators Economy).

ICE adalah marketplace kreator konten dari Indonesia milik IDN Media, dengan visi untuk mendemokratisasi ekonomi kreator melalui teknologi.

Platform ini didirikan untuk mendemokratisasi akses creators economy kepada para kreator di Indonesia, dengan cara menjembatani kolaborasi antara brand dengan para kreator lokal, mulai dari nano content creator hingga mega content creator.

ice-idn-call-to-action.png

ice-idn-call-to-action-creator.pngice-idn-call-to-action-brand.png


Bagikan ke:

icon-copylink.png

Artikel Terbaru

Lihat Semua
ICE Logo
ice.controller@idntimes.com

Informasi

Tentang Kami

Syarat & Ketentuan

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

FAQ

Artikel ICE

Ikuti Kami

Instagram

Unduh Aplikasi

Get It On GooglePlayDownload on the App Store